Selamat datang diblog Desa Ku, semoga dengan adanya blog ini bisa untuk sarana info yang bisa diakses di manatempat

Tuesday, March 29, 2016

Pertanian Organik Modern


Selamat malam semuanya dalam kesempatan yang indah ini saya ingin berbagai dan sekaligus untuk inspirasi agar menjadikan petani indonesia menjadi lebih maju dan makmur.


Dari beribu tahun lalu, manusia telah mengerti apa itu pertanian. Dapat dikatakan bertani dan berburu adalah pekerjaan pertama yang diketahui oleh manusia dari jaman purba. Dimulai dari pertanian nomaden berkembang sampai menjadi pertanian modern. Tidak berhenti sampai disini, pertanian modern dikembangkan lagi menjadi pertanian organik modern. Dengan bertani, kebutuhan pokok manusia dalam hal pangan akan terpenuhi. Karena manusia pada dasarnya adalah makhluk yang dinamis. Selalu berkembang karena memiliki otak. Seiring dengan perkembangan tersebut, maka kebutuhan juga semakin berkembang.
Alasan ini yang menyebabkan adanya system pertanian organik modern. Jika dulu kebutuhan pangan hanya untuk mengatasi rasa lapar dan bertahan hidup. Sekarang untuk memperpanjang keberlangsungan hidup. Bertahan memiliki arti sempit karena hanya bersifat temporary atau sementara sustainability berarti kontinyu. Inilah konsep yang mendasari perkembangan pertanian dari system tradisional ke modern. Bagaimana agar petani selain memenuhi kebutuhan pangan saat ini tetapi juga di masa yang akan datang.
Istilah organic sendiri masih berkaitan dengan sustainability diatas. Dimana untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya, manusia harus memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dari sebelumnya. Kata organic ini mulai diperkenalkan sekitar tahun 1940’an lalu, mengacu pada bahan yang menyertai produksi suatu system pertanian. Yaitu dengan sesedikit mungkin menyertakan bahan kimia pada benih dan prosesnya. Baik itu pupuk maupun tindakan lainnya. Secara umum pertanian organik modern dapat dicapai dengan cara sebagai berikut:
Diversifikasi tanaman dalam suatu lahan pertanian. Beberapa tanaman yang berbeda akan membuat beberapa hewan yang memiliki peran pendukung terhadap keberlangsungan pertanian menjadi tertarik. Sehingga tidak perlu ada media tambahan agar tanaman dan tanah tetap subur.
Pertanian yang dilakukan berbarengan dengan aktivitas peternakan. Akan ada dukungan dari kedua aktivitas ini. Dimana lahan harus diolah dengan bahan alami, yaitu kotoran hewan. Kotoran ini juga harus bebas dari bahan kimia buatan, sehingga harus makan dari rumput yang ditanam sendiri, begitu seterusnya Mengolah tanah dengan kotoran hewan, dan menanami rumput seperti dijelaskan sebelumnya tadi.Saat ini beberapa tanaman yang dapat dikembangkan dengan system pertanian organik modern masih terbatas pada holtikultura atau tanaman sayur-sayuran.

Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 comments:

 

| Desa Pleset © 2016. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Pleset | Back To Top |